PENGARUH SIKAP PADA PELAJARAN EKONOMI DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP EKONOMI PADA SISWA SMA NEGERI CILACAP

Ika Rian susanti (2011) PENGARUH SIKAP PADA PELAJARAN EKONOMI DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP EKONOMI PADA SISWA SMA NEGERI CILACAP. S1 thesis, uny.

[img]
Preview
Text
1234.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui (1) Sejauh mana kemampuan siswa pada Sekolah Menengah Atas Negeri di kota Cilacap dilihat dari nilai hasil evaluasi pembelajaran ekonomi, (2) Pengaruh sikap siswa pada pelajaran ekonomi terhadap kemampuan siswa memahami konsep-konsep ekonomi pada Sekolah Menengah Atas Negeri di kota Cilacap, (3) pengaruh intensitas belajar siswa terhadap kemampuan siswa memahami konsep-konsep ekonomi pada Sekolah Menengah Atas Negeri di kota Cilacap, (4) pengaruh sikap siswa pada pelajarn ekonomi dan intensitas belajar siswa secara bersama-sama terhadap kemampuan siswa memahami konsep-konsep ekonomi pada Sekolah Menengah Atas Negeri di kota Cilacap. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS pada Sekolah Menengah Atas Negeri di kota Cilacap yang berjumlah 425 siswa. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive purpotional random sampling sebanyak 110 siswa. teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Sebelum data dianalisis, dilakukan pengujian persyaratan analisis berupa uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji homosedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan siswa memahami konsep-konsep ekonomi berada dalam kategori sedang. (2) ada pengaruh yang signifikan sikap siswa pada pelajaran ekonomi. Hal ini ditunjukan dengan t hitung 4,399 dan t tabel 1,658 pada taraf signifikansi 5%. (3) ada pengaruh yang signifikan intensitas belajar siswa terhadap kemampuan siswa memahami konsep-konsep ekonomi. Hal ini ditunjukan dengan t hitung 4,028 dan t table 1,658 pada taraf signifikansi 5%. (4) ada pengaruh yang signifikan sikap siswa pada pelajaran ekonomi dan intensitas belajar siswa secara bersama-sama terhadap kemampuan siswa memahami konsep-konsep ekonomi dimana F hitung lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 31,043> 1,35. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,367 yang berarti bahwa 36,7% sumbangan terhadap kemampuan siswa memahami konsep-konsep ekonomi diperoleh dari sikap siswa pada pelajaran ekonomi dan intensitas belajar siswa. variable sikap siswa pada pelajaran ekonomi memberikan sumbangan efektif sebesar 19% dan variabel intensitas belajar siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 17,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 07:09
Last Modified: 29 Jan 2019 13:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item