VITASARI CAHYANINGRUM, VITASARI CAHYANINGRUM (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 JOGONALAN TAHUN AJARAN 2015/2016 Tegalmas, Prawatan, Jogonalan, Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN INDIVIDU VITASARI CAHYANINGRUM 12520241032 PEND TEKNIK INFORMATIKA.pdf Download (30MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah startegis untuk mlengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL Mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik professional. Usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran terus dilakukan, termasuk dalam hal ini mata kuliah lapangan seperti Mata Kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan praktikan di SMK Negeri 1 Jogonalan selama kurang lebih 1 bulan, terhitung mulai 10 Agustus 2015 sampai dengan 11 September 2015. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengajar kelas X TKJ 2, XI AP 1 & 2, XII AP 1 & 2 dan XII TKJ serta mengampu mata diklat Produktif TKJ dengan pokok bahasan Perakitan Komputer untuk kelas X TKJ dan KKPI dengan pokok bahasan Microsoft Power Point 2007 dan Jaringan Komputer untuk kelas XI dan XII. Selain kegiatan mengajar, praktikan juga melakukan kegiatan lain yang mendukung kegiatan mengajar, yakni menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Prota, Prosem, Analisa Ketergantungan SK/KD, analisa hasil evaluasi siswa dan menyiapkan media pembelajaran. Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Negeri 1 Jogonalan berjalan dengan baik dan lancar karena adanya kerjasama yang harmonis dengan beberapa unsur dari sekolah seperti kepala sekolah, guru, karyawan, serta siswasiswi di SMK Negeri 1 Jogonalan. Meskipun begitu, praktikan tetap menghadapi sedikit hambatan ketika praktik mengajar seperti ketersediaan sarana dan prasarana.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 03:13 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33689 |
Actions (login required)
View Item |