PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMK NEGERI 1 JOGONALAN TAHUN 2015

Zeninda Anggitra P., Zeninda Anggitra P. (2015) PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMK NEGERI 1 JOGONALAN TAHUN 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan komponen penting yang menentukan kemajubangsa. Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampudan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangmencerdaskan kehidupan bangsa. Dan fungsi pendidikan itu sendiri erat sekkaitannya dengan kualitas pendidikan, karena kualitas pendidikan tersebut mempengaruhi fungsi dan tujuan pendidikan nasional. Belakangan ini kualitas pendidikan Indonesia sedang dipertanyakkualitasnya. Berbagai masalah pendidikan menjadi obrolan hangat masyarakIndonesia. Sebenarnya kualitas pendidikan pada hakikatnya ditentukaantar lain oleh para pengelola dan pelaku pendidikan. Salah sapelaku pendidikan adalah tenaga pendidik atau guru. Tenaga pendidik dalam pelaksanaan sistem pendidikan dipandasebagai faktor utama keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan nasionseperti yang tercantum dalam UU No. 2/1989 pasal 4, yaitu “Pendidiknasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkmanusia Indonesia seutuhnya,dan seluruhnya” yaitu manusia yaberiman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekeyang luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmadan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggung jawakemasyarakatan dan kebangsaan”. Guru sebagai faktor kunci dalam pendidikan, sebab sebagian besar proses pendidikan berupa interaksi belajar mengajar, dimana peranan guru sangat berarti. Guru sebagai pengajaratau pendidik merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap adanupaya pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta sebagai perguruan tinggi yamempunyai misi dan tugas untuk menyiapkan dan menghasilkan tenagtenaga pendidik yang siap pakai, mencantumkan beberapa mata kulipendukung yang menunjang tercapainya kompetensi di atas, salah satunyaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan PPL bertujuan untuk memberi pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 02:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33681

Actions (login required)

View Item View Item