EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XII TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 2 PENGASIH

Octafiana, Yeni (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XII TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yeni Octafiana 11518241012.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XII TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 2 PENGASIH Oleh: Yeni Octafiana 11518241012 ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui perbedaan capaian hasil belajar ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik, antara yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik kompetensi Pemrograman PLC kelas XII TITL di SMKN 2 Pengasih; 2) mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar peserta didik aspek kognitif mata pelajaran Instalasi Motor Listrik kompetensi Pemrograman PLC kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi, dengan bentuk desain pretest-posttest nonequivalent-groups design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMKN 2 Pengasih yang berjumlah 32 orang. Kelas TITL_1 sebagai kelas kontrol dan TITL_2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil uji-t aspek kognitif diperoleh nilai thitung -2.188 < ttabel -2.042 pada signifikansi 5% berarti terdapat perbedaan capaian hasil belajar, hasil uji-t aspek afektif diperoleh nilai thitung -1.091 > ttabel -2.042, dan hasil uji-t aspek psikomotorik diperoleh nilai thitung -0.633 > ttabel -2.042 pada signifikansi 5% yang berarti tidak ada perbedaan capaian hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik; 2) skor gain kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek sebesar 0.709, sehingga dapat disimpulkan kelas eksperimen memiliki tingkat efektivitas dengan kategori tinggi. Kata kunci: efektivitas pembelajaran, pembelajaran berbasis proyek, kompetensi pemrograman PLC.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Jun 2016 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 09:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33658

Actions (login required)

View Item View Item