LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Indriani Hazaroh, Indriani Hazaroh (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan_PPL_Indriani.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas untuk mempersiapkan dan menghasilkan tenaga pendidik yang professional. Untuk melaksanakan tugas tersebut UNY memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta bertujuan untuk mendapatkan pengalaman praktik mengajar ketika berada di kondisi lapangan yang sesungguhnya. Melalui pengalaman ini mahasiswa menerapkan keterampilan mereka ketika terjun ke lapangan dengan berbekal teori dari kuliah. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 12 mahasiswa, 2 Progrm Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 3 Program Studi Pendidikan Teknik Komputer Jaringan, 1 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 3 Program Studi Administrasi Perkantoran, 1 Program Studi Akuntansi, dan 2 Program Studi Akuntansi Internasional. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus – 12 September 2015. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Bahasa Inggris, sebanyak 4 pertemuan di kelas XI RPL dan 2 pertemuan di kelas X AP 1. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Sistem yang digunakan adalah sistem pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP). Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi (EEK). Model pembelajaran yang digunakan adalah CTL (Contextual Teaching and Learning). Strategi yang digunakan dalam pembelajaran adalah demonstrating the model of the text, practice, drilling, dan penugasan). Media yang digunakan adalah MS Powerpoint, modul, kertas karton, laptop, whiteboard, spidol dan penghapus. Kesimpulan kegiatan PPL yang telah dilakukan adalah dengan pelaksanaan PPL ini mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman dalam bidang kependidikan. Mahasiswa juga dapat memiliki pengalaman mengajar sebagai salah satu bentuk kemampuan untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran maupun kemampuan menyampaikan argumen di depan umum.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Bahasa Inggris, RPL, AP, SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 01:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33647

Actions (login required)

View Item View Item