Suharno, Suharno (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PPL- SUHARNO-P.EKONOMI-FE-UNY.pdf Download (728kB) | Preview |
Abstract
Dalam melengkapi salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai satu program yang dapat melaksanakan butir tersebut, yaitu suatu program yang disebut Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wadah kegiatan belajar mahasiswa yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk menyempurnakan pengetahuan teori yang diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan, sehingga target kompetensi yang diharapkan dapat tercapai. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) melatih dan meningkatkan kualitas diri mahasiswa dalam hal pembelajaran di sekolah yang tujuannya adalah untuk melatih peserta agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata berkenaan dengan proses belajar mengajar. Dengan adanya kegiatan PPL ini, diharapkan mahasiswa akan memiliki bekal untuk mengembangkan dirinya sebagai tenaga kependidikan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran sebagai tempat pelaksanaan program PPL pada tahun 2015 ini adalah SMK Negeri 1 Klaten khususnya seluruh peserta didik SMK Negeri 1 Klaten. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh peserta selama pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi dan penilaian, dan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta kegiatan lainnya, di mana mahasiswa terjun secara langsung ke lapangan atau tatap muka langsung dengan peserta didik di dalam kelas untuk mengajar. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan masyarakat sekolah diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya. Praktik mengajar yang dilakukan di kelas bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mengampu mata pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan di kelas X PM 1, X PM 2, XI PM 1, dan XI PM. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, Tanya jawab, diskusi, tugas. Media yang digunakan adalah spidol, white board, kertas, LCD dan laptop. Evaluasi dilaksanakan di Kelas X PM 1, X PM 2, XI PM 1, dan XI PM dengan memberikan ulangan harian dan remidial. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh tiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya beberapa hambatan dapat dipastikan selalu timbul. Beberapa hambatan tersebut antara lain: dalam pengelolaan kelas, pengelolaan waktu, dan penggunaan alat pendukung pembelajaran. Tetapi mahasiswa selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan lancar. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat pengalaman nyata yang dapat menjadi landasan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia pendidikan. Besar harapan penyusun akan kegiatan PPL ini bermanfaat bagi mahasiswa, terutama dalam menciptakan profil seorang guru yang profesional.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMK Negeri 1 Klaten, Pengantar Akuntansi, Keuangan |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 07:27 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |