Monica Devi Karmila, Monica Devi Karmila (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD N BANGUNREJO 2. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
12103244028_Monica Devi Karmila.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan PPL bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan selain itu untuk membantu mempersiapkan calon pendidik yang memiliki beberapa kompetensi untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Lokasi Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) berada di SD N Bangunrejo 2, sekolah ini merupakan sekolah inklusi di daerah kota Yogyakarta. Terletak di RW 13 Bangunrejo, Kricak, Tegalrejo, Kota Yogyakarta. SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta merupakan sekolah inklusi yang memiliki siswa berkebutuhan khusus dengan berbagai jenis kekhususan diantaranya adalah siswa tunagrahita, tunadaksa, slow leaner, autis, tunalaras, dan siswa dengan berkesulitan belajar. Kegiatan PPL ini berlangsung dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Pelaksanaan pembelajaran untuk anak-anak berkebutuhan khusus di sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa yang mengalami kebutuhan khusus, sehingga proses pelaksanaan kegiatan PPL menyesuaikan dengan pembelajaran siswa-siswa yang memiliki hambatan, baik dalam akademik maupun sosial dan perilaku. Kegiatan pemeblajaran yang dilakukan meliputi kegiatan observasi, re-asesmen, penyusunan perangkat pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, pengajaran individual, pendampingan di kelas, kegiatan evaluasi pembelajaran, bimbingan dengan guru, bimbingan dengan DPL, dan penyusunan laporan akhir. Kegiatan tersebut merupakan agenda sistematis yang berkelanjutan dalam menangani siswa secara khusus. Berdasarkan kegiatan PPL yang telah dilakukan, tujuan jangka pendek yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan presentase akhir yaitu 80%, dengan berbagai hambatan dan pendukung. Selain itu diperlukannya kerjasama antara orangtua, guru dan siswa sendiri agar pelaksanaan berjalan dengan lancar. Perencanaan pembelajaran individu juga direncanakan sematang mungkin termasuk menyusun task analysis agar terdapat hasil yang akurat dalam pencapaian tujuan jangka pendek.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 06:39 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |