LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016 Gayamprit, Klaten Selatan, Klaten, Jawa Tengah

Ika Feby Putriana, Ika Feby Putriana (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016 Gayamprit, Klaten Selatan, Klaten, Jawa Tengah. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL IKA FEBY P SIAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh setelah mengambil mata kuliah lainnya yang berkaitan dengan PPL. Tujuan yang ingin dicapai adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan dan merupakan penerapan ilmu yang didapat dari perkuliahan maupun diluar perkuliahan, sehingga mampu mengembangkan potensi diri atau pengalaman mengajar secara real teaching di lingkungan sekolah. Kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Klaten, merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Program PPL di SMA Negeri 1 Klaten, dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 11 September 2015. Dalam kegiatan PPL, terdapat serangkaian kegiatan yang harus dijalani, kegiatan tersebut adalah persiapan, pelaksanaan dan kegiatan pasca PPL. Dalam tahap persiapan kegiatan observasi pra PPL dilakukan dan adapun kegiatan yang termasuk dalam tahap ini adalah observasi sekolah dan observasi kelas. Di tahap pelaksanaan, kegiatan persiapan mengajar (fisik dan psikis), pembuatan RPP, praktik mengajar, dan pembuatan media pembelajaran, serta pelaksanaan belajar mengajar adalah kegiatan yang terkandung di dalamnya. Pelaksanaan praktik mengajar pada PPL kali ini adalah praktik mengajar terbimbing dimana mahasiswa PPL mendapat bimbingan dan pendampingan dari guru pembimbing sewaktu melaksanakan praktik mengajar di SMA N 1 Klaten. Setelah melakukan pelaksanaan, diadakan penutupan yang berupa pembuatan laporan pelaksanaan PPL. Dalam melaksanakan kegiatan PPL, penyusun berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut. Hasil dari pelaksanaan PPL ini adalah terlaksananya kegiatan pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan di awal pembelajaran. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMA N 1 Klaten, supaya kegiatan PPL di masa mendatang akan lebih baik dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 01 Jun 2016 05:34
Last Modified: 01 Jun 2016 05:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33592

Actions (login required)

View Item View Item