EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MEDIA VNC VIEWER UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PRESENTASI VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Andina, Wahyu Winjani (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MEDIA VNC VIEWER UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PRESENTASI VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
andina wahyu winjani.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MEDIA VNC VIEWER UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PRESENTASI VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh: Andina Wahyu Winjani NIM 11518244004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas pembelajaran materi presentasi video pada aspek kognitif menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan media VNC Viewer, (2) perbedaan hasil kompetensi presentasi video yang ditinjau dari aspek kognitif antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan metode pembelajaran konvensional, (3) perbedaan hasil kompetensi presentasi video yang ditinjau dari aspek psikomotor antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan metode pembelajaran konvensional, dan (4) perbedaan hasil kompetensi presentasi video yang ditinjau dari aspek afektif antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini meggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan design Non-Equipvalent Control Group Design. Subyek penelitian ini yaitu siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta sejumlah 63 orang dari kelas X TL 1 dan kelas X TL 2. Kelas X TL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi dan LKS. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif, uji-t, dan uji-u. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) skor gain kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan media VNC Viewer sebesar 0,615 lebih besar dari skor gain kelas dengan metode konvensional sebesar 0,379, sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan media VNC Viewer lebih efektif jika dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode konvensional, (2) hasil uji-u pada aspek kognitif diperoleh nilai z hitung sebesar -4,217 lebih kecil dari nilai -z tabel sebesar -1,96, sehingga dapat disimpukan terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek kognitif antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan media VNC Viewer dengan metode pembelajaran konvensional, (3) hasil uji-t pada aspek psikomotor diperoleh nilai t hitung sebesar 2,345 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,99962, sehingga dapat disimpukan terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek psikomotor antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan metode pembelajaran konvensional, dan (4) hasil uji-t pada aspek afektif diperoleh nilai t hitung sebesar 1,610 lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 1,99962 dan lebih besar dari nilai –t tabel sebesar -1,99962, sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek afektif antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan media VNC Viewer dengan metode pembelajaran konvensional. Kata kunci: efektivitas pembelajaran, Jigsaw, media VNC Viewer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33495

Actions (login required)

View Item View Item