KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK KONTROL PADA SISWA KELAS X MEKATRONIKA SMK NEGERI TEMBARAK TEMANGGUNG

Sulanjari, Muhammad (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK KONTROL PADA SISWA KELAS X MEKATRONIKA SMK NEGERI TEMBARAK TEMANGGUNG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Muhamad Sulanjari 10518244013.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK KONTROL PADA SISWA KELAS X MEKATRONIKA SMK NEGERI TEMBARAK TEMANGGUNG Oleh : Muhamad Sulanjari NIM 10518244013 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengukur keefektifan model kooperatif jigsaw dibandingkan dengan metode konvensial pada aspek kognitif, (2) mengukur keefektifan model kooperatif jigsaw dibandingkan dengan metode konvensial pada aspek afektif, (3) mengukur keefektifan model kooperatif jigsaw dibandingkan dengan metode konvensial pada aspek psikomotor. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi-Experiment. Desain penelitian menggunakan nonequivalent Kontrol group design. Subyek penelitian adalah seluruh siswa Kelas X Mekatronika SMK N Tembarak Temanggung sebanyak 67 siswa dengan membagi dua kelompok sebagai kelompok eksperimen yaitu Kelas X Mekatronika B sebanyak 33 siswa dan kelompok kontrol yaitu Kelas X Mekatronika A sebanyak 34 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis deskripsi, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Teknik Kontrol pada aspek kognitif memiliki skor gain sebesar 0,71 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan menggunakan metode pembelajaran konvensional mempunyai nilai skor gain sebesar 0,60 termasuk dalam kategori sedang, (2) model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Teknik Kontrol pada aspek afektif memiliki rata-rata sekor sebesar 72,69 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan menggunakan model pembelajaran konvensional mempunyai nilai rata-rata sekor sebesar 64,70 termasuk dalam kategori sedang, (3) Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Teknik Kontrol pada aspek psikomotor memiliki rata-rata sekor sebesar 72,12 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan menggunakan model pembelajaran konvensional mempunyai nilai rata-rata skor sebesar 67,27 termasuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: model pembelajaran, jigsaw, teknik kontrol, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33480

Actions (login required)

View Item View Item