PENGARUH PEMAHAMAN WORK PREPARATION SHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK KERJA BUBUT SISWA KELAS XI DI SMK N 2 WONOSARI

Anto, Lukman Budi (2016) PENGARUH PEMAHAMAN WORK PREPARATION SHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK KERJA BUBUT SISWA KELAS XI DI SMK N 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Lukman Budi Anto 11503241032.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMAHAMAN WORK PREPARATION SHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK KERJA BUBUT SISWA KELAS XI DI SMK N 2 WONOSARI Oleh: Lukman Budi Anto NIM. 11503241032 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: (1) Pengaruh pemahaman work preparation sheet dengan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Pemesinan; (2) Perbedaan hasil belajar praktik di SMK N 2 Wonosari; (3) Persepsi siswa terhadap pemanfaatan work preparation sheet. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian Quasi Experimental Design yang pelaksanaannya menggunakan jenis Nonequivalent Control Group Design yang membandingkan kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI yang berjumlah 3 kelas dengan jumlah siswa 96 orang. Sampel penelitian ini dipilih dengan simple random sampling, dimana sampel dipilih secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu, dengan sampel yang terpilih adalah kelas XI MA dan XI MB. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, kuesioner dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan uji beda (t test). Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Pemahaman work preparation sheet secara signifikan berpengaruh positif terhadap hasil belajar praktik kerja bubut dengan sumbangan sebesar 53,5% dan meningkatkan 2,417 tiap satu satuan tingkatan; (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan work preparation sheet (kelompok eksperimen) diperoleh rata-rata nilai praktik membubut sebesar 87,561. Sedangkan hasil belajar siswa kelompok kontrol diperoleh rata-rata nilai sebesar 79,968. Hasil belajar siswa kelompok eksperimen secara signifikan terdapat perbedaan yang positif dengan kelompok kontrol berdasarkan hasil uji beda sebesar -2,924; (3) Hasil persepsi siswa terhadap pemanfatan work preparation sheet dalam pembelajaran praktik masuk dalam kategori tinggi, dengan 6 responden dari total keseluruhan responden sebanyak 10 siswa masuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: work preparation sheet, nonequivalent control group design ,kerja bubut

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 01:10
Last Modified: 30 Jan 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33471

Actions (login required)

View Item View Item