PELAKSANAAN PENGAJARAN REMEDIAL ANAK LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KRAKAL KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN

Nursiyana, Oky (2016) PELAKSANAAN PENGAJARAN REMEDIAL ANAK LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KRAKAL KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Oky Nursiyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengajaran remedial anak lamban belajar (slow learner) di kelas III SD Negeri 1 Krakal Alian Kebumen. Pelaksanaan pengajaran remedial meliputi kegiatan awal, inti dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek guru kelas III. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Data di analisis menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajaran remedial tindakan guru pada kegiatan awal adalah menelaah kembali kasus dengan menganalisis dan menkonfirmasi nilai ulangan, pendekatan dan penjelasan materi yang belum dipahami anak lamban belajar. Alternatif tindakan dengan bimbingan membaca dan menulis. Bimbingan dan konseling dengan berbincang-bincang dan pemberian motivasi. Remedial dilakukan seusai pembelajaran, pendekatannya kuratif. Remedial dilakukan secara individual dan klasikal dengan mengerjakan soal. Hasil belajar diukur dengan memeriksa, menilai dan memberi keterangan ketuntasan nilai. Re-evaluasi dan re-diagnostik pada kegiatan evaluasi dengan menanyakan kembali kesulitan materi yang dialami anak lamban belajar, meremedial kembali jika nilai belum tuntas, dan melanjutkan materi jika nilai sudah tuntas dengan tidak memberikan tugas tambahan setelah pengajaran remedial. Kata kunci : pengajaran remedial, anak lamban belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 May 2016 01:07
Last Modified: 30 Jan 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33469

Actions (login required)

View Item View Item