SELF EFFICACY PADA ANAK TUNADAKSA DI SD NEGERI MARGOSARI, PENGASIH, KULON PROGO

Pancawati, Angkat Hesti (2016) SELF EFFICACY PADA ANAK TUNADAKSA DI SD NEGERI MARGOSARI, PENGASIH, KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Angkat Hesti Pancawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan self efficacy pada satu orang anak tunadaksa di SD Negeri Margosari. Self efficacy pada anak tunadaksa dilihat melalui 3 dimensi yaitu tingkat kesulitan (Level), tingkat keyakinan (strength), dan generalisasi (generality). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Parisipan dalam penelitian ini yaitu 1 anak tunadaksa, 4 orang guru, 3 perwakilan teman satu kelas anak tunadaksa, orang tua anak tunadaksa, serta pengasuh anak tunadaksa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan self efficacypada anak tunadaksa di SD Negeri Margosari dengan inisial BR tampak berbeda-beda pada setiap aspek. Dilihat dari indikator tingkat kesulitan (level) BR mampu menghadapi kesulitan tugas yang diterima dalam bidang akademis dengan baik secara mandiri, berbeda dalam bidang fisik BR akan lebih banyak membutuhkan bantuan orang lain. Dilihat dari indikator tingkat keyakinan (strength) rasa optimisme anak tunadaksa dalam usaha untuk menyelesaikan tugas akademis maupun belajar sudah tampak dimiliki tercermin dari berbagai aktivitas yang dilakukan. Pada indikator generalisasi (generality) kepercayaan diri yang dimiliki oleh BR tidak terdapat dalam semua aktivitas, namun lebih cenderung kepada aktivitas yang bersifat akademis. Kata kunci : Self efficacy, anak tunadaksa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 May 2016 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 09:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33399

Actions (login required)

View Item View Item