PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ELEKTRONIKA DASAR DENGAN MEDIA LIVEWIRE SISWA KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Pratama, Halim (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ELEKTRONIKA DASAR DENGAN MEDIA LIVEWIRE SISWA KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Halim Pratama 11518241020.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ELEKTRONIKA DASAR DENGAN MEDIA LIVEWIRE SISWA KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 WONOSARI Oleh: Halim Pratama NIM 11518241020 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh media Livewire terhadap peningkatkan pemahaman konsep Teknik Elektronika Dasar bagi siswa kelas X SMKN 2 Wonosari, (2) mengetahui peningkatan rata-rata nilai kelas mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar pada siswa kelas X SMKN 2 Wonosari dengan menggunakan media Livewire, dan (3) mengetahui bagaimana perubahan sikap siswa kelas X SMKN 2 Wonosari pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar dengan menggunakan media Livewire. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Elektronika Industri SMK Negeri 2 Wonosari, sebanyak 32 siswa. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa instrumen soal pretest posttest, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa media Livewire dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan (1) adanya peningkatan rata-rata nilai siswa kelas X EI dari pretest dan posttest siklus 1 sebesar 66,31 menjadi 73,27, dan pretest dan posttest siklus 2 sebesar 48,5 menjadi 83,87. (2) penilaian sikap dengan aspek kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, serta kepedulian siswa telah memenuhi skor minimal 75 di setiap aspek baik pada siklus 1 maupun siklus 2. Aspek kejujuran mendapat skor rata-rata sebesar 87,34 pada siklus 1 dan 88,00 pada siklus 2. Aspek kedisiplin mendapat skor rata-rata sebesar 88,22 pada siklus 1 dan 84,94 pada siklus 2. Aspek tanggung jawab mendapat skor rata-rata sebesar 77,59 pada siklus 1 dan 79,53 pada siklus 2. Aspek kepedulian peduli mendapat skor rata-rata sebesar 88,22 pada siklus 1 dan 84,94 pada siklus 2. Kata kunci: pemahaman konsep, livewire, kooperatif, student team achievement division

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 May 2016 02:42
Last Modified: 30 Jan 2019 09:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33398

Actions (login required)

View Item View Item