Martono Sageileppak, Martono Sageileppak (2015) LAPORAN PPL/MAGANG III SD NEGERI TUKANGAN KECAMATAN PAKUALAMAN KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
12108249035_MARTONO SAGEILEPPAK.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015, memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengimplementasikan serta mengembangkan kemampuan keprofesionalitas sesuai dengan bidang study yang ditempuh selama perkuliahan berlangsung. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta pada semester khusus tahun 2015 untuk tim PPL dengan nomor lokasi A044, di laksanakan di SD Negeri Tukangan Kecamatan Pakualaman Kota Yogyakarta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan program PPL dimulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 11 September 2015. Dalam pelaksanaanya, ada 18 program dan kegiatan yang dilaksanakan yaitu pengembangan bahan ajar, upacara bendera, Apel pagi, doa bersama, administrasi guru, bimbingan rohani, ICT (Information Communication and Technologi), Pramuka, Koordinasi dan evaluasi pramuka, lomba 17 agustus, Drum band, Papan bimbingan, Mengajar terbimbing dan mengajar mandiri pendampingan KBM, mengajar insidental dan pendampingan olahraga. Untuk beberapa program dan kegiatan tersebut, ada diantaranya salah satu yang menjadi program utama yaitu pengembangan bahan ajar, dimana program tersebut mengembangkan bahan ajar yang hasilnya akan disosialisasikan kepada guru – guru SD N Tukangan Kota Yogyakarta. Dalam pelaksanaan PPL sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa dan juga pihak sekolah, sehingga antara pihak sekolah dan mahasiswa menjalin hubungan kerjasama yang baik. Dengan kerja sama yang baik maka program PPL telah terlaksana sesuai dengan harapan baik itu pihak sekolah maupun mahasiswa. Untuk beberapa kegiatan dan program lainnya juga sangat bermanfaat, dimana mahasiswa belajar untuk menganalisis permasalahan yang ada di sekolah serta mencari solusi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL, dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang yang ditempuh khususnya dibidang pendidikan. Selain itu, PPL juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan serta penyelesaiannya yang ada di sekolah baik itu di kelas maupun di luar kelas.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 25 May 2016 02:31 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33308 |
Actions (login required)
View Item |