TI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS: PELUANG ATAU ANCAMAN?

Rohali TI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS: PELUANG ATAU ANCAMAN? TI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS: PELUANG ATAU ANCAMAN?.

[img]
Preview
Text
makalah_seminter_pppsi-rohali_-_ok.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Tulisn bertujuan untuk membahas perkembangan Teknologi Informasi (TI) dalam pembelajaran bahasa Prancis dilihat dari dua sisi yang bertolak belakang, yaitu TI sebagai peluang dan sebagai ancaman. Tak dapat dipungkiri bahwa TI telah membawa perubahan yang sangat besar dalam semua aspek kehidupan manusia. Pengambangan e-commerce, e-life, e-government, dan e-learning merupakan beberapa contoh perkembangan TI yang telah mengubah pola hidup manusia. Khusus dalam bidang pembelajaran bahasa Prancis, Di satu sisi, keberadaan situs-situs FLE telah membawa era baru pembelajaran bahasa Prancis dari model tatap muka-klasikal menuju pembelajaran online-akses mandiri (online-self access learning). Melimpahnya sumber-sumber belajar di dunia maya menjadikan pembelajaran bahasa Prancis lebih menarik, lebih efektif, dan murah. Di sisi lain, pengembangan piranti-piranti lunak kebahasaan seperti mesin penerjemah teks (google translate misalnya), piranti Texte to Speech T2S (seperti read please), Speech to Speech S2S (seperti Jibbigo), dan Speech to Texte S2T (seperti Dictation 2.0) dapat menjadi ancaman pembelajaran bahasa asing, termasuk bahasa Prancis, karena kemudahan penggunaan bahasa asing tanpa kita harus menguasai dan mempelajari bahasa tersebut. Dengan piranti tersebut, kita dapat berbicara, menulis, dan membaca dalam berbagai bahasa tanpa harus menguasai bahasa tersebut. Kata kunci : ti, pembelajaran, bahasa perancis, peluang, ancaman

Item Type: Article
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 07:06
Last Modified: 20 Jun 2012 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item