LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SD NEGERI BANGUNREJO 2

Siti Puji Astuti, Siti Puji Astuti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SD NEGERI BANGUNREJO 2. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SITI PUJI ASTUTI_12108241174.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Kegiatan PPL yang dilakukan di SD N Bangunrejo 2, berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. SD N Bangunrejo 2 merupakan sekolah inklusi yang memiliki siswa berkebutuhan khusus dengan jumlah 43 anak dari jumlah keseluruhan yaitu 104 anak. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, dan permainan. Dalam memberikan ceramah, materi dan cara penyampaiannya harus tersusun secara sistemati, ucapan guru harus jelas dengan kalimat yang mudah dipahami anak didik. Metode tanya jawab bermaksud memotivasi anak didik untuk bertanya selama proses belajar mengajar, ataupun menjawab perrtanyaan dari guru, sehingga anak lebih aktif. Untuk membiasakan anak didik berpendapat dan mendengar pendapat orang lain serta membiasakan bersikap toleran maka digunakan metode diskusi. Sedangkan metode permainan dapat memunculkan suasana belajar yang menyenangkan namun tetap bermakna. Berdasarkan hasil pembelajaran dari tujuan yang telah ditetapkan, anak-anak cukup memahami materi pelajaran, walaupun belum semua anak mampu menguasai materi yang telah disampaikan oleh guru dengan optimal. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, namun pelaksanaan program PPL di SD N Bangunrejo 2 berjalan dengan baik. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, SD N Bangunrejo 2
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 May 2016 07:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33242

Actions (login required)

View Item View Item