REKONDISI CAT MOBIL TOYOTA HILUX BAGIAN KIRI DAN ATAS

Suhatno, - (2011) REKONDISI CAT MOBIL TOYOTA HILUX BAGIAN KIRI DAN ATAS. [Experiment/Research] (Submitted)

[img]
Preview
Text
Proyek_Akhir.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari rekondisi cat bodi bagian kiri dan atas mobil Toyota hilux adalah dapat mengidentifikasi kerusakan yang terjadi pada bodi dan cat mobil Toyota hilux bagian kiri dan atas, mengetahui bahan dan alat yang diperlukan untuk memperbaiki dan mengecat mobil Toyota hilux, mengetahui proses pengecatan bodi mobil Toyota hilux dan mengetahui hasil setelah dilakukan pengecatan Proses pengecatan pada bodi dan cat mobil Toyota hilux bagian kiri dan atas meliputi menilai perluasan permukaan yang mengalami kerusakan, mengupas lapisan cat pada bodi yang mengalami kerusakan, pendempulan, pengamplasan, proses masking, proses pengaplikasian epoxy, proses pengecatan cat dasar, proses pengecatan cat akhir, dan pemolesan. Alat-alat yang dibutuhkan untuk pengecatan bodi mobil Toyota hilux bagian kiri dan atas antara lain: amplas, kompresor, blok tangan, sander, polisher, spraygun, batang pengaduk, kape, mixing plate, masking paper dan buffer. Dan bahan yang diperlukan untuk pengecatan body mobil Toyota hilux bagian kiri dan atas antara lain: amplas dari grit #80-#2000, cat deep blue 4407dar dari merk drasso, thinner Impala hitam, thinner Impala hijau, epoxy DNT, spot putty, compound, kain lap, dempul Alfagloss, isolasi kertas, plat besi dan kape. Hasil pengujian pada bodi atas dan samping kiri, 83 % respondent menyatakan tidak ada bintik (Seeds) yang disebabkan oleh kotoran berupa debu, 67% respondent menyatakan tidak ada mata ikan (fish eyes) yang disebabkan cat terangkat menggelembung menyerupai mata ikan, 91% respondent menyatakan tidak ada kulit jeruk (orange Peel) suatu lapisan tidak rata menyerupai kulit jeruk, 91% respondent menyatakan tidak ada cat yang meleleh (Runs) yang disebabkan oleh cat yang meleleh ke bawah, 91 % respondent menyatakan tidak ada yang mengkerut (Shrinkage) berupa cat yang mengkerut dan terangkat, 75 % respondent menyatakan tidak ada lubang kecil (Pinholes/Scales) berupa kumpulan lubang-lubang kecil, 91% respondent menyatakan tidak ada tanda putty/dempul berupa perbedaan warna pada cat, 83 % respondent menyatakan hasil pengecatan tidak ada goresan amplas (Sanding Scratches) yang disebabkan pengamplasan yang belum halus, 83 % respondent menyatakan tidak ada cat yang memudar (Fade) pada top coat kehilangan gloss atau kilapnya, ditinjau dari hasil kerataan permukaan respondent menyatakan bahwa 50 % bodi kiri dan 50 % bodi atas, respondent menyatakan bahwa hasil pengecatan dengan daya kilap 100 % bodi samping kiri, dan 84 % bodi atas daya kilap pada permukaan dengan kriteria dapat menimbulkan bayangan pada permukaan cat. Dari data pengujian di atas menunjukkan bahwa pengecatan dikategorikan berhasil sesuai yang diharapkan.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 08 Aug 2012 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3321

Actions (login required)

View Item View Item