Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SLB di Kabupaten Sleman

Nurjanah, Siti (2012) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SLB di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-nurjanah-10703254008.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja guru dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru SLB di Kabupaten Sleman. Penelitian dilakukan di SLB yang berjumlah 26 dengan populasi guru mencapai 441 orang. Dengan teknik random cluster sampling diperoleh 13 SLB dengan sampel penelitian sebesar 210 orang. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan Februari 2012. Penelitian ini termasuk dalam penelitian expost facto. Variabel penelitian yang diangkat dalam penelitian ini yaitu penilaian kinerja guru oleh kepala sekolah serta pendapat guru tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerjanya. Pengambilan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk variabel kinerja dan regresi ganda untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja. Hasil penelitian menunjukan variabel internal terdiri atas: motivasi kerja, kepuasan kerja, kompetensi guru dan latar belakang pendidikan. Ketiga ubahan sudah baik dan perlu dipertahankan agar tetap baik sedangkan ubahan latar belakang pendidikan masih kurang baik dan perlu ditingkatkan. Variable eksternal terdiri dari gaji/penghasilan, pelatihan kerja, fasilitas kerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Ketiga ubahan eksternal ternyata sudah baik dan pemerintah tinggal mempertahanan agar tetap baik sedangkan ubahan pelatihan kerja masih kurang baik dan perlu ditingkatkan. Koefisien ganda dari faktor internal dan faktor eksternal mempunyai nilai positif yaitu R=0,455 dan R²=0,207 berarti bahwa determinan dari fakor internal dan faktor eksternal yang di dalamnya ada 8 variabel terhadap kinerja guru mempunyai nilai sebesar 20,7%. Besarnya pengaruh ubahan internal dan ubahan eksternal terhadap kinerja guru secara bersama ditentukan oleh persamaan regresi seperti berikut : Y^'=1,796 +.147X_1+.015X_2+.090X_3+.020X_4+.005 X5+.025X_6+.096X_7+.085X_8+έ Besarnya pengaruh setiap variabel secara berurutan diuraikan seperti berikut : Motivasi kerja =.0147; fasilitas kerja= .096; kompetensi guru =.090; gaya kepemimpinan kepala sekolah =.085; pelatihan kerja = .025; latar belakang pendidikan = .020; kepuasan kerja =.015; gaji/penghasilan= .005.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: variabel internal, variabel eksternal, kinerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 09:54
Last Modified: 29 Jan 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33155

Actions (login required)

View Item View Item