LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 11 AGUSTUS - 11 SEPTEMBER 2015 LOKASI MAN YOGYAKARTA II JL. KH. AHMAD DAHLAN 130 YOGYAKARTA

Fatmawati, Fatmawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 11 AGUSTUS - 11 SEPTEMBER 2015 LOKASI MAN YOGYAKARTA II JL. KH. AHMAD DAHLAN 130 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU FATMAWATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah praktek wajib bagi mahasiswa Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta dengan bobot 3 sks praktik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan, dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta adalah MAN Yogyakarta II.Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai wujud pengabdian mahasiswa kepada sekolah dan memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan dan pendanaan yang efisien dan efektif Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di Man Yogyakarta II yang dilaksanakan mulai tanggal 11 Agustus 2015 sampai dengan 11 September 2015. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan PPL, praktikan mengajar beberapa mata pelajaran yang sesuai bidangnya. Selama praktik mahasiswa diberi mandat untuk mengampu kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing, dosen pembimbing dan observasai kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran antara lain s, rencana pelaksanaan pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, penugasan dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa praktikan mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa praktikan telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran, MAN Yogyakarta II
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 03:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33102

Actions (login required)

View Item View Item