LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SD NEGERI REJOWINANGUN 1

Yulia Maya Puspita, Yulia Maya Puspita (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SD NEGERI REJOWINANGUN 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YULIA MAYA PUSPITA_12108241122_PGSD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program yang rutin diselenggarakan oleh UNY setiap tahun. Program PPL UNY bertujuan untuk mengasah kemampuan mengajar mahasiswa. Selain itu, program PPL juga diadakan agar mahasiswa mempunyai pengalaman nyata dan khasanah ilmu yang lebih luas tentang realitas praktik-praktik mengajar di sekolah. SD Negeri Rejowinangun 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh UNY sebagai lokasi PPL semester khusus 2015. Sebelum dilaksanakan PPL, terlebih dahulu mahasiswa melakukan observasi di SD N Rejowinangun 1 agar lebih mengenal guru-guru, karyawan, lingkungan, dan karakteristik sekolah tersebut. Pada program PPL, mahasiswa menjalan program mengajar dan program non mengajar. Program non mengajar meliputi kegiatan ekstrakurikuler pramuka, upacara, pendampingan pelatihan drumband, senam rutin, membantu administrasi guru, dan pendampingan tadarus. Sedangkang program mengajar terbimbing berlangsung empat kali yaitu pada tanggal 14 Agustus 2015, 19 Agustus 2015, 22 Agustus 2015, dan 26 Agustus 2015. Materi yang digunakan antara lain peredaran darah pada manusia (di kelas 5B), mengenal hewan dan tumbuhan (di kelas 2A), Mengenal petunjuk penggunaan sesuatu (di kelas 4B ),dan mengamalkan makna sumpah pemuda (di kelas 3A). Strategi yang digunakan yaitu Cooperative Learning dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, demonstrasi, dan kuis. Ujian dilaksanakan dua kali yaitu dilaksanakan tanggal 1 September 2015 di kelas 4c dengan materi penggolongan hewan menurut makanannya dan 4 September 2015 di kelas 3B dengan materi sinonim dan antonim kata. Kegiatan mengajar meliputi tiga hal yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan meliputi pembuatan RPP dan media. Pelaksanaan yaitu mengajar di kelas dengan materi yang sudah ditentukan. Evaluasi mengajar dilaksanakan oleh guru kelas yang mengawasi jalannya pembelajaran. Secara keseluruhan program PPL UNY di SD Negeri Rejowinangun 1 berjalan dengan lancar. Dukungan dari pihak sekolah merupakan salah satu faktor pendukung kelancaran program. Dengan adanya program PPL mahasiswa menjadi lebih terbiasa mengamalkan ilmu yang didapatkan dari bangku perkuliahan di ranah yang nyata. Selain itu, kelas paralel di SD N Rejowinangun 1 juga membantu mahasiswa untuk lebih mengenal keberagaman karakteristik anak untuk menambah khasanah pengalaman dalam mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 02:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33088

Actions (login required)

View Item View Item