LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI A049 SD NEGERI REJOWINANGUN 1

SAILA AJENG ALVIDA, SAILA AJENG ALVIDA (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI A049 SD NEGERI REJOWINANGUN 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SAILA AJENG ALVIDA_12108244060_PGSD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program wajib tempuh yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Program ini merupakan kelanjutan dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan pada bulan Juli 2015. Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015 tepatnya pada bulan Agustus-September. Program PPL bertujuan untuk meningkatkan keterampilan akademik yang diperoleh mahasiswa di bangku kuliah yang diterapkan di lapangan secara langsung. Selain itu, program PPL bertujuan untuk menambah pengalaman mahasiswa dan dengan adanya program ini mahasiswa memperoleh pengetahuan cara mengajar dan menjadi guru yang baik. Untuk program studi PGSD Kelompok A049, program ini dilaksanakan di SD Negeri Rejowinangun 1. Program yang telah dilaksanakan terdiri dari program mengajar dan non mengajar. Program mengajar dibagi menjadi dua, yaitu praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali dan praktik ujian sebanyak 2 kali. Dalam praktik mengajar, mahasiswa menerapkan metode pembelajaran yang pengetahuannya telah diperoleh di bangku kuliah. Metode belajar yang aktif, kreatif, dan inovatif yang digunakan mahasiswa untuk mengaktifkan peserta didik. Metode tersebut diantaranya, yaitu ceramah, diskusi, tanya-jawab, presentasi, demonstrasi, dan unjuk kerja. Sedangkan kegiatan non mengajar dilakukan di luar jam sekolah, seperti ekstrakurikuler pramuka, drumband, dan sebagainya. Pada pelaksanaannya, program ini dapat berjalan dengan lancar meskipun terdapat berbagai macam kendala. Namun, dengan kerjasama yang baik antara masing-masing anggota kelompok A049, kendala-kendala tersebut dapat teratasi. Selain itu dukungan dari berbagai pihak yaitu DPL dan pihak sekolah sangat membantu kelancaran proses jalannya PPL di SD Negeri Rejowinangun 1. Dengan adanya kegiatan PPL ini dapat meningkatkan hubungan yang baik antara UNY dengan sekolah yang digunakan sebagai tempat Praktik Pengalaman Lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 02:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33086

Actions (login required)

View Item View Item