LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SD NEGERI REJOWINANGUN 1

Rinta Artikawati, Rinta Artikawati (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SD NEGERI REJOWINANGUN 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RINTA ARTIKAWATI_12108241008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2015 memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. Lokasi Praktik Kerja Lapangan adalah SD Negeri Rejowinangun 1. Tujuan dari progran PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pembelajaran di sekolah; melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; kesempatan untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini terdiri dari program mengajar dan non mengajar. Program mengajar terdapat pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2015, 20 Agustus 2015, 24 Agustus 2015, dan 26 Agustus 2015. Praktik ujian sebanyak 2 kali yang dilaksanakan tanggal 1 September 2015 dan 4 September 2015. Langkah pelaksanaan program praktik mengajar meliputi pembuatan RPP dan lampiran;, Konsultasi RPP kepada Guru Pamong; pelaksanaan praltik mengajar; pembuatan media; serta soal evaluasi dan tindak lanjut. Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara berurutan yaitu melakukan observasi kondisi sekolah, observasi pembelajaran di kelas dan melakukan bimbingan dengan guru pamong. Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri Rejowinangun 1 berjalan dengan baik. Pelaksanaan program didukung oleh guru pamong, guru kelas, peserta didik dan sekolah. Kendala yang dihadapi dalam praktik mengajar meliputi pengelolaan kelas, penentuan jadwal mengajar dan penetuan metode pembelajaran. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi dengan kerja sama antara para mahasiswa PPL dapat mengatasi permasalahan yang ada. Kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan yang baik antara UNY dengan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 02:44
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33083

Actions (login required)

View Item View Item