PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN PIRANTI SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI DI SMK N 2 DEPOK

Arianto, Arianto (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN PIRANTI SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI DI SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
11518241029_Arianto_Skripsi_2015.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN PIRANTI SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI DI SMK N 2 DEPOK Oleh : Arianto NIM. 11518241029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model media pembelajaran interaktif piranti aktuator, mengetahui kelayakan dari media pembelajaran interaktif piranti aktuator, dan mengetahui respon penilaian siswa terhadap media pembelajaran interaktif piranti aktuator untuk mata pelajaran piranti sensor dan aktuator kelas XI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan tahapan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Media pembelajaran ini dikembangkan menggunakan perangkat lunak Adobe Flash Professional CS6. Kelayakan media pembelajaran ini diuji oleh tiga ahli materi dan dua ahli media. Evaluasi media pembelajaran ini melibatkan 32 siswa kelas XI Paket Keahlian Teknik Otomasi Industri. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini mendapatkan model media pembelajaran interaktif piranti aktuator yang tepat untuk mata pelajaran piranti sensor dan aktuator kelas XI meliputi: 1) halaman utama menyajikan menu kompetensi, materi, evaluasi, pustaka, profil, petunjuk, dan keluar, 2) menyajikan objek-objek media berupa teks, video, audio, gambar, animasi dan interactive link, dan 3) model penyajian menggunakan model tutorial dan simulasi. Kelayakan media pembelajaran interaktif piranti aktuator untuk mata pelajaran piranti sensor dan aktuator kelas XI berdasarkan: 1) ahli materi ditinjau dari aspek pembelajaran, isi materi dan manfaat memperoleh rerata skor 3,52 dengan kategori sangat layak, 2) ahli media ditinjau dari aspek tampilan dan pemrograman memperoleh rerata skor 3,17 dengan kategori layak. Respon penilaian siswa terhadap media pembelajaran interaktif piranti aktuator untuk mata pelajaran piranti sensor dan aktuator kelas XI menyatakan bahwa 37,5% siswa menilai sangat baik dan 62,5% siswa menilai baik. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Piranti Aktuator, Teknik Otomasi Industri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 01:21
Last Modified: 30 Jan 2019 09:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33027

Actions (login required)

View Item View Item