LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI A049 SD NEGERI REJOWINANGUN 1

Priliana Handayani, Priliana Handayani (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI A049 SD NEGERI REJOWINANGUN 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PRILIANA-HANDAYANI_12108241020_PGSD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2015 memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SD Negeri Rejowinangun 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Tujuan dari progran PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pembelajaran di sekolah; melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; kesempatan untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini terdiri dari program mengajar dan non mengajar. Program mengajar terdapat pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2015, 19 Agustus 2015, 21 Agustus 2015, dan 24 Agustus 2015. Praktik ujian sebanyak 2 kali yang dilaksanakan tanggal 1 September 2015 dan 2 September 2015. Praktik mengajar ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Tahapan persiapan PPL meliputi pembekalan dan orientasi pembelajaran mikro, penamatan AVA, praktik pengajaran mikr, observasi pembelajara, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi. Dari pelaksanaan PPL, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi dibidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan, yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 01:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33025

Actions (login required)

View Item View Item