Sidik, Wahid Nuzuliyanto (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
11504241025_SIDIK WAHID NUZULIYANTO_SKRIPSI.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh: Sidik Wahid Nuzuliyanto NIM. 11504241025 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Merancang media pembelajaran berbasis web mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga (PSPT) pada materi sistem rem kendaraan untuk SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran PSPT pada materi sistem rem kendaraan dari segi tampilan, bahasa, isi dan interaktivitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran PSPT materi sistem rem kendaraan ini melalui 7 tahap yaitu: 1) Studi Pendahuluan dan pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan produk awal, 4) Uji coba awal, 5) Revisi produk uji coba awal, 6) Uji coba lapangan utama, 7) Revisi produk uji coba lapangan utama. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 48 siswa untuk uji coba kelompok besar jadi jumlah keseluruhan subyek penelitian pada penelitian ini sejumlah 54 siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil penelitian berupa: 1) rancangan media pembelajaran berbasis web materi sistem rem kendaraan berupa a) Jenis huruf Arial, b) Ukuran huruf 12 pt, c) Penggunaan spasi 1,15, d) Warna background biru, e) Penempatan video/animasi di bawah materi, f) Tata letak side bar pada samping kanan, g) Tata letak menu side bar adalah posisi login diatas, jam ditengah dan calendar di bawah, h) Tata letak menu utama pada posisi; 2) Media pembelajaran berbasis web yang layak digunakan yang dilihat dari segi isi, bahasa, tampilan, interaktivitas dan pemrograman. Kelayakan media pembelajaran diperkuat oleh hasil pretasi belajar siswa. Pada tahap uji coba utama terdapat penelitian kecil didalamnya yaitu penelitian eksperimen untuk mengetahui hasil prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran berbasis web lebih tinggi daripada prestasi belajar siswa kelas kontrol yang pembelajarannya tanpa media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran PSPT materi sistem rem kendaraan. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan uji Mann-Whitney dengan hasil perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kelompok eksperimen dengan nilai ratarata posttest siswa adalah 76,43 dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 87,5 dan kelompok kontrol dengan nilai rata-rata nilai posttest siswa adalah 54,64 dengan nilai terendah 32,5 dan nilai tertinggi 82,5 yaitu sebesar 0.000<0,05 dengan hasil analisis nilai asymp sig (2 tailed) lebih kecil dari 0,05. Kata kunci: Media Pembelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga, Pengembangan, Web
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 23 May 2016 01:18 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33023 |
Actions (login required)
View Item |