LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI A049 SD NEGERI REJOWINANGUN 1

ANGGER YOGYANTORO, ANGGER YOGYANTORO (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI A049 SD NEGERI REJOWINANGUN 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Angger-Yogyantoro_12108244099_Laporan-Individu.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015 merupakan program yang bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah serta untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penulis selaku mahasiswa program studi PGSD UNY melaksanakan kegiatan berupa penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, membuat program untuk dan mengikuti program di SD tempat pelaksanaan PPL. Sebelum pelaksanaan kegiatan PPL, kelompok melakukan observasi di SD Negeri Rejowinangun 1, yang merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak LPPMP untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Data hasil observasi digunakan untuk menyusun program dan kegiatan yang akan dilaksanakan serta agar lebih mengenal keadaan SD tempat pelaksanaan PPL. Program PPL yang dilaksanakan di SD Negeri Rejowinangun 1 berlangsung mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari praktik mengajar terbimbing dan ujian praktik mengajar, serta pelaksanaan program kerja kelompok dan pendampingan program ekstrakulikuler yang ada di SD. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dilaksanakan empat kali yaitu pada tanggal 14 Agustus 2015, 21 Agustus 2015, 22 Agustus 2015, dan 24 Agustus 2015. Dan untuk ujian praktik mengajar dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 1 dan 4 September 2015. Masingmasing jenis praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan tinggi. Program kelompok yang telah dilaksanakan di SD Negeri Rejowinangun 1 yaitu, kegiatan senam pagi, lomba 17 Agustus, pendampingan upacara, membantu administrasi guru dan sekolah, pendampingan kegiatan ekstrakurikuler pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler drumband. Secara umum, pelaksanaan program PPL di SD Negeri Rejowinangun 1 berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi dengan kerja samaantara para mahasiswa PPL dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan yang baik antara UNY dengan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 01:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33012

Actions (login required)

View Item View Item