Trisna Rahmah, Trisna Rahmah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Lokasi: MTs NEGERI YOGYAKARTA 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
TRISNA RAHMAH - PEND. BAHASA INGGRIS.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan yang selanjutnya disingkat PPL merupakan mata kuliah praktik lapangan dengan bobot 3 SKS yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan bidang studi serta kemampuan yang dimilikinya masing-masing. Selain sebagai tempat untuk mempraktikan ilmu pengetahuan, PPL dapat menjadi media bagi mahasiswa guna mendapat pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa guna mengembangan dirinya sebagai guru muda yang akan menjadi pendidik di masa yang akan datang. PPL dilaksanakan di MTs Negeri Yogyakarta 1 yang beralamat di Jalan Magelang, Km 4,4, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta dari tanggal 10 Agustus - 12 September 2015. Sebelum kegiatan dilaksanakan, PPL terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, di antaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi sekolah dan kelas. Selama kegiatan PPL, pratikan mengampu pelajaran Bahasa Inggris kelas 8 sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIII D dan VIII E dengan total pertemuan sebanyak 11 kali. Proses pembelajaran dilakukan menggunakan pendekatan scientific sebagai metode dalam kurikulum 2013 yang menuntut siswa aktif berpikir melalui tahapan pengamatan, penyelidikan, diskusi, dan komunikasi (presentasi). Kegiatan PPL sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat merasakan pengalaman sebagai seorang guru. Harapan ke depan, semoga PPL dapat terus dilaksanakan dan jalinan silaturahmi serta kerjasama antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan MTs Negeri Yogyakarta 1 dapat terus terjalin, sehingga membuka peluang kerjasama di bidang yang lain dan dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 20 May 2016 06:52 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32989 |
Actions (login required)
View Item |