LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA

Efi Setyorini Megawati, Efi Setyorini Megawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN EFI SETYORINI M 12201244008.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Dibangku kuliah, mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini mahasiswa berkesempatan mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekadar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 yang berlokasi di SMP N 14 Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 – 12 September 2015. Pada tahap persiapan, praktikan melakukan konsultasi dengan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan observasi peserta didik serta kondisi fisik sekolah. Dalam pelaksanaan PPL, praktikan melaksanakan 8 kali praktik mengajar di kelas VII A, VII B, VII C dan VII D. Untuk program insidental, praktikan praktik mendapat permintaan dari salah satu guru mata pelajaran Matematiaka untuk menjaga dan memberikan tugas di kelas VII D . Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari intern maupun ekstern. Namun, semua itu merupakan sebuah proses untuk menjadi lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Praktikan juga dapat meningkatkan pengertian, pemahaman, dan penghayatan tentang pelaksanaan pendidikan, mendapat kesempatan untuk mempraktikan bekal yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses pembelajaran dan kegiatan pendidikan yang lain serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 08:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32945

Actions (login required)

View Item View Item