LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA Jalan Tegal Lempuyangan, Bausasran, Danurejan No. 61 Yogyakarta 10 Agustus – 12 September 2015

Octafiana Mayangsari, Octafiana Mayangsari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA Jalan Tegal Lempuyangan, Bausasran, Danurejan No. 61 Yogyakarta 10 Agustus – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I II III.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover, abstrak, [engesahan, KP, DI, DG.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa baik sebagai tenaga pendidik maupun sebagai administrasi kependidikan. PPL dilaksanakan dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga terkait dengan proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat dan dikuasai selama mengikuti perkuliahan. Sebelum melaksanakan PPL, mahasiswa melakulan pembekalan PPL dan observasi kelas pada lokasi PPL, untuk mengetahui metode yang digunakan, media pembelajaran, dan lain sebagainya. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 15 Yogyakarta dilaksanakan selama 4 minggu dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2015 – 12 September 2015. Pada kesempatan ini mahasiswa mengajar mata pelajaran Prakarya Pengolahan kelas 8 dengan jadwal mengajar pada hari Senin jam ke 3-4, 5-6, 7-8, Selasa jam ke 3-4, 5-6, 7-8, Rabu jam ke 3-4, 7-8, dan Kamis jam ke 7-8. Pada tahap pertama mahasiswa melakukan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai proses belajar mengajar. Kemudian, mahasiswa melakukan praktik pengajaran dengan didampingi guru pembimbing. Persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar antara lain membuat RPP dan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran antara lain ceramah, diskusi, demontrasi, tanya jawab, penugasan, proyek . Dari hasil pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 15 Yogyakarta mahasiswa mengetahui dan dapat membuat administrasi guru dalam mengajar antara lain RPP, daftar hadir siswa, dan lembar penilaian. Selain itu juga melaksanakan tugas guru diluar kelas diantaranya sebagai guru piket 7K dan piket di ruang piket. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melakukan praktik mengajar mata pelajaran Prakarya Pengolahan kelas 8 sebanyak 29 kali tatap muka.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mengajar, SMP Negeri 15 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 07:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32928

Actions (login required)

View Item View Item