LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Periode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015

Brigitta Puspa J, Brigitta Puspa J (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Periode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12208241077 BRIGITTA PUSPA J.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang telah diterima di bangku perkuliahan yang kemudian dipraktekkan secara nyata di lapangan khususnya dalam bidang pendidikan. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada setiap pribadi mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan potensi seorang calon pengajar. Mahasiswa dituntut untuk mempelajari, mengenal bahkan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dapat dijumpai di sekolah khususnya pada saat praktek mengajar. Sebelum masuk pada pelaksanaan PPL, terlebih dahulu mahasiswa melakukan observasi guna menyusun rumusan program yang nantinya akan dilaksanakan pada saat PPL berlangsung. Selain observasi, mahasiswa disiapkan secara matang oleh pihak Universitas melalui berbagai kegiatan pra-PPL mulai dari pembekalan hingga tahap mengikuti matakuliah microteaching. Setelah semua persiapan dirasa matang maka berlangsunglah kegiatan PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta di setiap lokasi PPL yang sudah ditentukan. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL dilakukan dengan mengajar baik pada intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Pelaksanaan kegiatan intrakurikuler yaitu mengajar di kelas selama jam kegiatan pembelajaran berlangsung sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan dalam satu kelas yakni kelas 7A, 7E, 7F dan sebanyak empat kali pada kelas 9B, 9C, 9D. Sebelum praktek mengajar di kelas, mahasiswa praktikan menyiapkan segala kelengkapan yang umumnya dilakukan oleh guru-guru professional yaitu membuat Silabus, Rancangan program Pembelajaran (RPP), hingga Kisi-kisi Soal Ujian. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain: informasi, demonstrasi, diskusi, dan praktek. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media antara lain partitur lagu, alat-alat musik mulai dari tradisional (angklung) hingga alat musik modern, dan berbagai macam media yang dibuat oleh mahasiswa sendiri yang tentunya bertujuan untuk mempermudah siswa dalam menangkap materi yang diajarkan. Pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, di sini mahasiswa membantu guru Seni Budaya (Seni Musik) untuk mengajar paduan suara dan ansambel musik. Peran mahasiswa di sini selain membantu juga sebagai pengembang kegiatan ekstrakurikuler misalnya saja dalam pemilihan dan pembuatan materi lagu yang akan dimainkan pada ekstrakurikuler ansambel musik. Dalam melaksanakan kegiatan PPL tentu mahasiswa menjumpai banyak kendala dan hambatan, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan; atau juga menghadapi siswa yang cukup kesulitan mengikuti materi pembelajaran Seni Budaya. Namun, tugas mahasiswa sebagai calon pengajar adalah memberikan pengetahuan kepada peserta didiknya, di sini mahasiswa dituntut untuk lebih kreatif sehingga peserta didik dapat lebih mudah memahami materi yang diberikan juga diharapkan peserta didik akan menyenangi matapelajaran yang diampu oleh mahasiswa. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran secara nyata tentang kegiatan di dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL yang berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, SMP N 9 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 06:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32921

Actions (login required)

View Item View Item