LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Sulis Lestari, Sulis Lestari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12205241002 SULIS LESTARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Kegiatan belajar-mengajar SMP Negeri 9 Yogyakarta di lakukan sama sistemnya dengan mayoritas sekolah lain. Sebagian besar kegiatan yang ada di sekolahan diorientasikan untuk keagamaan. Mahasiswa PPL mengajar beberapa mata pelajaran sesuai bidangnya masing-masing. Praktikan mengajar mata pelajaran Bahasa Jawa kelas VII. Selain melakukan praktik mengajar mahasiswa juga melakukan praktik persekolahan seperti setiap Senin dan hari besar Nasional dengan mengikuti upacara bendera serta melakukan tugas piket. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa PPL dalam praktiknya meliputi pembuatan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran, Soal dan Lembar Penilaian tugas siswa, konsultasi dengan guru pembimbing, serta melakukan evaluasi bersama dengan Guru Pembimbing. Selain itu, mahasiswa PPL juga mengikuti atau mendampingi ekstrakurikuler terutama ekstrakurikuler yang berhubungan dengan mata pelajaran yang diajarkan dalam sekolah formal. Praktikan ini mengikuti pendampingan ekstrakurikuler membatik yaitu membuat batik jumputan. Sedangkan kegiatan utama PPL adalah melakukan praktik pembelajaran di kelas VII D, VII E, dan VII F. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak minimal 6 kali. Banyak dinamika yang harus dilalui selama pelaksanakan PPL, tetapi semua dapat teratasi dengan adanya komunikasi dan kerjasama yang baik dengan warga sekolah seperti pihak birokrasi, guru pembimbing dan juga siswa. Dengan demikian kegiatan PPL dapat memberikan banyak pelajaran bagi mahasiswa yang melaksanakan kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, praktik mengajar, sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 06:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32919

Actions (login required)

View Item View Item