LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015

Frans Apriliadi, Frans Apriliadi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12201241029 FRANS APRILIADI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PPL UNY di SMP Negeri 9 Yogyakarta merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh LPPMP UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan.Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PPL UNY di SMP Negeri 9 Yogyakarta, yang terletak di bagian timur-selatan Kota Yogyakarta yaitu di jalan Ngeksigondo 30. Lokasi ini terletak di Kampung Tinalan, Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede, lebih kurang 4 km dari pusat Kota Yogyakarta. Selama pelaksanaan PPL ini mahasiswa juga diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa, dan guru serta ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program Kerja PPL yang direncanakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun 2013 ini meliputi: (1) Program mengajar, seperti observasi kelas, diskusi RPP dengan teman, membuat RPP, diskusi dengan guru tentang RPP, materi ajar dan lainnya, membuat media pembelajaran, membuat soal tugas atau latihan, pelaksanaan praktik mengajar, evaluasi pelaksanaan mengajar dengan guru, mengoreksi tugas latihan siswa dan mendata nilai siswa; (2) program non mengajar, meliputi upacara di sekolah atau hari besar, pendampingan ekstrakulikuler, mengikuti rapat guru, piket, membantu kegiatan di sekolah, rapat kelompok, pendampingan tadarus pagi, penyusunan laporan PPL dan pemerolehan tanda tangan DPL, GPL, KEPSEK dan Koordinator PPL. Serangkaian program kerja PPL SMP Negeri 9 Yogyakarta telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan guru pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbedabeda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar. Selain itu, terdapat beberapa program yang belum terlaksana seperti pendampingan ekstrakulikuler yang belum berjalan di bulan agustus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 9 Yogyakarta, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 06:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32918

Actions (login required)

View Item View Item