LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Lili Darliah, Lili Darliah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
lili darliah_FE_pendidikan ekonomi_12804241058.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Dalam melengkapi salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai satu program yang dapat melaksanakan butir tersebut, yaitu suatu program yang disebut Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wadah kegiatan belajar mahasiswa yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk menyempurnakan pengetahuan teori yang diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan, sehingga target kompetensi yang diharapkan dapat tercapai. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki bekal untuk mengembangkan dirinya sebagai tenaga kependidikan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran sebagai tempat pelaksanaan program PPL pada tahun 2015 adalah SMA Negeri 4 Yogyakarta. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMA Negeri 4 Yogyakarta meliputi praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi dan penilaian, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan media pembelajaran, dan kegiatan lainnya, dimana mahasiswa terjun secara langsung ke lapangan atau tatap muka langsung dengan peserta didik di dalam kelas untuk mengajar. Dengan di terjunkannya mahasiswa di lingkungan masyarakat sekolah diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamanya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya. pada kesempatan ini mahasiswa praktikan mengampu mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS 1 DAN XI IPS 2 selama 5 kali pertemuan. Metode yang digunakan adalah ceramah , tanya jawab, diskusi kelompok, dan penugasan. Media yang digunakan adalah spidol, white board, kertas, LCD dan laptop. Evaluasi dilakukan dengan memberikan kuis dan ulangan harian. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh mahasiswa praktikan dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaaannya beberapa hambatan selalu timbul. Beberapa hambatan tersebut antara lain : dalam pengelolaan kelas, pengelolaan waktu dan penggunaan alat pendukkung pembelajaran. Namun mahasiswa selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi sehingga program PPL dapat terlaksana dengan lancar. Dengan adanya kegiatan PPL ini, peserta didik mendapat pengalaman nyata yang dapat menjadi landasan bagi peserta didik untuk meningkatkan kompetensinya dlam dunia pendidikan. Besar harapan penulis akan kegiatan PPL ini bermanfaat bagi mahasiswa, terutama dalam menciptakan profil seorang guru yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 4 Yogyakarta, Ekonomi.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 06:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32908

Actions (login required)

View Item View Item