LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI KOTAGEDE 1 TAHUN AKADEMIK 2015/2016

TRIFENA KEKE KOJONG, TRIFENA KEKE KOJONG (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI KOTAGEDE 1 TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108249023_TRIFENA KEKE KOJONG_PGSD.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015 memberikan kesempatan bagi mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SD Negeri Kotagede 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Tujuan dari program Praktik Pengalaman Lapangan adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 13 Agustus 2015 sampai 31 September 2015. Selain itu dilaksanakan pula ujian praktik mengajar sebanyak dua kali pada tanggal 2 dan 7 September 2015. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, pengamatan AVA, praktik pengajaran mikro, observasi pembelajaran, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing dan ujian. Kegiatan selain praktik mengajar, juga dilakukan kegiatan non mengajar. Kegiatan tersebut antara lain seperti ekstrakurikuler pramuka dan kemah, upacara hari senin dan 17 Agustus, pendampingan pelatihan IT, pembuatan media pembelajaran IPA, rapat pembuatan media dan persiapan peringatan kemerdekaan, pembuatan media gambar ramburambu lalu lintas, penataan buku sumber belajar, membantu membuat RP. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Praktik Mengajar, SD Negeri Kotagede 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 May 2016 05:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32895

Actions (login required)

View Item View Item