PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PESERTA DIDIK ASPEK AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MATA PELAJARAN FISIKA SMA

Sitaresmi, Agatha Pindha (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PESERTA DIDIK ASPEK AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MATA PELAJARAN FISIKA SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui konstruksi instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) mengetahui kelayakan instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (3) mengetahui hasil deskripsi penilaian aspek afektif dan psikomotorik pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pokok bahasan hukum Newton dan penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengggunakan model 4D yang dikemukakan Thiagarajan. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan awal instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik serta instrumen penelitian. Tahap development dilakukan untuk menghasilkan instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik yang layak serta untuk mengetahui hasil deskripsi penilaian peserta didik. Kelayakan dilihat dari rata-rata skor penilaian validator dan reliabilitas dari uji coba terbatas Uji coba terbatas pada 4 peserta didik dan uji coba operasional pada 64 peserta didik di SMA N 1 Wates. Tahap disseminate dilakukan dengan penyebaran instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik dalam skala yang luas di SMA N 1 Wates, SMA N 1 Jetis Bantul, dan SMA N 1 Prambanan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) instrumen penilaian aspek afektif dengan tiga belas butir pernyataan beserta rubriknya dan instrumen penilaian aspek psikomotorik dengan empat belas butir pernyataan beserta rubriknya; (2) instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik layak digunakan untuk menilai sikap dan keterampilan peserta didik, ditinjau dari nilai CVI masing-masing instrumen penilaian sebesar 1 (sangat baik) dan nilai Cronbach’s Alpha untuk instrumen penilaian afektif sebesar 0,998 (excellent) serta untuk instrumen penilaian psikomotorik sebesar 0,987 (excellent); (3) Hasil pengategorian peserta didik pada aspek afektif yaitu untuk kelas X MIA 4 sebanyak 20 orang (62%) dikategorikan sangat baik dan 12 orang (38%) baik, untuk kelas X MIA 5 sebanyak 26 orang (84%) dikategorikan sangat baik dan 5 orang (16%) baik. Penilaian aspek psikomotorik untuk kelas X MIA 4 sebanyak 6 orang (19%) dikategorikan sangat terampil, 24 orang (75%) terampil, dan 2 orang (6%) cukup terampil, untuk kelas X MIA 5 sebanyak 8 orang (26%) dikategorikan sangat terampil, 21 orang (68%) terampil, dan 2 orang (6%) cukup terampil. Kata kunci: afektif, hukum Newton, instrumen, NHT, penilaian, psikomotorik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 May 2016 07:06
Last Modified: 06 Mar 2019 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32874

Actions (login required)

View Item View Item