PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Rian, Adhe Widana Putra (2016) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rian Adhe Widana Putra-09518244042.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh : Rian Adhe Widana Putra NIM. 09518244042 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui tingkat variabel dalam penelitian ini, yaitu: kebiasaan belajar, komunikasi interpersonal, pola asuh orangtua dan keaktifan belajar pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan, (2) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar, komunikasi interpersonal dan pola asuh orangtua secara bersama-sama dengan keaktifan belajar siswa (3) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dengan keaktifan belajar, (4) mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dengan keaktifan belajar, (5) mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dengan keaktifan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Subyek penelitian adalah semua siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan sebanyak 333 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 182 siswa ditentukan dengan menggunakan proportionate random sampling. Data dikumpulkan dengan kuisioner, uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi ganda. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) tingkat kebiasaan belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan rerata 34,12 dari nilai maksimal 52, tingkat komunikasi interpersonal siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan rerata 23,76 dari nilai maksimal 36, tingkat pola asuh orangtua siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan rerata 31,20 dari nilai maksimal 48, tingkat keaktifan belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan rerata 31,82 dari nilai maksimal 48, (2) kebiasaan belajar dan pola asuh orangtua secara bersamasama berpengaruh secara positif signifikan terhadap keaktifan belajar dengan koefisien determinasi sebesar 10,5%. Sedangkan komunikasi interpersonal berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keaktifan belajar.Kebiasaan belajar berpengaruh secara positif signifikan terhadap keaktifan belajar dengan koefisien determinasi sebesar 2,45%, komunikasi interpersonal berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap keaktifan belajar dengan koefisien determinasi sebesar 6,73%, pola asuh orangtua berpengaruh secara positif signifikan terhadap keaktifan belajar dengan koefisien determinasi sebesar 1,32%, Kata kunci: kebiasaan belajar, komunikasi interpersonal, pola asuh orangtua,dan keaktifan belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 May 2016 00:52
Last Modified: 30 Jan 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32849

Actions (login required)

View Item View Item