Sumbangan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang

Fuady, Hasan (2012) Sumbangan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hasan-fuady-10703254026.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui besarnya sumbangan variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan iklim organisasi secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah para guru sekolah dasar di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah yang berjumlah 320 orang dengan sampel sebanyak 147 orang yang dipilih berdasarkan teknik proporsional stratified random sampling. Instrumen pengumpul data berupa kuesioner, dengan jawaban berskala 1-5, terdiri atas 71 butir. Validitas instrumen meliputi validitas logis (experts judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan pearson product moment correlation. Reliabilitasnya dihitung dengan teknik alfa cronbach. Analisis data meggunakan teknik regresi linier ganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian membuktikan: (1) terdapat sumbangan yang positif dan signifikan dari kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 59,5%, (2) terdapat sumbangan yang signifikan dari motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 15%; (3) terdapat sumbangan yang signifikan dari iklim organisasi terhadap kinerja guru sebesar 26,1%; (4) terdapat sumbangan yang signifikan dari kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan iklim organisasi secara bersama terhadap kinerja guru sebesar 65%. Hal ini berarti jika kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan iklim organisasi ditingkatkan kualitasnya, maka akan berkontribusi positif terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, iklim organisasi, kinerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 07:43
Last Modified: 29 Jan 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32830

Actions (login required)

View Item View Item