LAPORAN KEGIATAN PPL LOKASI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA Judul : “Updating Data Usulan Sertifikasi Guru Jenjang SMA Periode Juli-Desember Tahun 2015 di Kota Yogyakarta

Andriani Tri Wulandari, Andriani Tri Wulandari (2015) LAPORAN KEGIATAN PPL LOKASI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA Judul : “Updating Data Usulan Sertifikasi Guru Jenjang SMA Periode Juli-Desember Tahun 2015 di Kota Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANDRIANI TRI WULANDARI_12110241036.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menurut Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 71 Tahun 2008 tentang Fungsi, Rincian Tugas dan Tata Kerja Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Bab III Pasal 6, salah satu tugas pokok dan fungsi Subbag Kepegawaian adalah menyiapkan pengusulan tunjangan profesi guru. Pengusulan tunjangan profesi guru ini dapat melalui sertifikasi guru. Di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, pengusulan sertifikasi guru dilakukan dalam dua periode, yaitu periode Januari-Juni dan periode Juli-Desember. Untuk mengetahui pembaharuan data usulan sertifikasi guru jenjang SMA di kota Yogyakarta maka perlu dikaji bagaimana dan pembaharuan data usulan sertifikasi guru jenjang SMA di kota Yogyakarta. Di dalam program PPL ini digunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang dibutuhkan adalah data sekunder berupa data rekapitulasi usulan sertifikasi guru jenjang SMA periode juli-desember tahun 2015 di Kota Yogyakarta yang didapat dari Sub Bagian Kepegawaian Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Data tersebut dikaitkan dengan kualifikasi persyaratan sertifikasi guru. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa sebanyak 180 guru atau sebesar 22% dari seluruh guru yang mengajukan sertifikasi tidak memenuhi kriteria jumlah jam mengajar, sejumlah 826 guru memenuhi kriteria kualifikasi akademik yaitu DIV atau S1, seluruh guru yang mengajukan sertifikasi memenuhi kriteria kesesuaian antara sertifikasi pendidik yang dimilki dengan mata pelajaran yang diampu dalam pembelajaran di sekolah, dan terdapat 45 guru yang tidak memiliki kesesuaian antara jurusan pada pendidikan terakhir dengan mata pelajaran yang diampu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Tunjangan Profesi Guru, Sertifikasi Guru
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 May 2016 07:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32826

Actions (login required)

View Item View Item