Restiana, Setyowati (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WIN BREAD BOARD DALAM PEMBELAJARAN PENERAPAN PRINSIP KOMPONEN ELEKTRONIKA DIGITAL DI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Restiana Setyowati 10518241002.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WIN BREAD BOARD DALAM PEMBELAJARAN PENERAPAN PRINSIP KOMPONEN ELEKTRONIKA DIGITAL DI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 KLATEN Oleh : Restiana Setyowati NIM. 10518241002 ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk : (1) mengukur keefektifan model Problem Based Learning berbantuan WinBreadBoard pada aspek kognitif dibandingkan dengan metode konvensial pada aspek yang sama, (2) mengukur keefektifan model Problem Based Learning berbantuan WinBreadBoard pada aspek afektif dibandingkan dengan metode konvensial pada aspek yang sama, (3) mengukur keefektifan model Problem Based Learning berbantuan WinBreadBoard pada aspek psikomotorik dibandingkan dengan metode konvensial pada aspek yang sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Experiment dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Klaten sebanyak 68 siswa. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Subyek penelitian terbagi menjadi 2 kelas yaitu X TITL A dengan jumlah siswa 34 sebagai kelas eksperimen dan X TITL B dengan jumlah siswa 34 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskripsi, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan : (1) model Problem Based Learning berbantuan WinBreadBoard pada aspek kognitif memiliki perbedaan hasil yang signifikan dibandingkan dengan metode konvensional pada aspek yang sama dengan rerata gain 0,72 berbanding 0,55 , (2) model Problem Based Learning berbantuan WinBreadBoard pada aspek afektif memiliki perbedaan hasil yang signifikan dibandingkaan dengan metode konvensional pada aspek yang sama dengan rerata skor 68,75 berbanding 41,12, (3) model Problem Based Learning berbantuan WinBreadBoard pada aspek psikomotorik memiliki perbedaan hasil yang signifikan dibandingkaan dengan metode konvensional pada aspek yang sama dengan rerata skor 77,61 berbanding 70,63. Kata kunci : Problem Based Learning, WinBreadBoard
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 18 May 2016 04:56 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32808 |
Actions (login required)
View Item |