LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK TAMANSISWA YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2015/2016 10 Agustus – 12 September 2015

Khoerul Umam, Khoerul Umam (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK TAMANSISWA YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2015/2016 10 Agustus – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Khoerul umam 12518244010 #PDF.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh Mahasiswa S1 kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik pengalaman lapangan memiliki bobot sebayak 3 SKS lapangan. Praktik pengalaman lapangan mempunyai mata kuliah prasyarat yaitu mata kuliah mikro teaching dan beberapa mata kuliah pendidikan yang lainnya. Praktik pengalaman lapangan melibatkan instansi lembaga lain yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Pada kesempatan kali ini praktikan diberi kesempatan untuk melakukan praktik pengalaman lapangan di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. Sebelum melakukan PPL terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah bermaksud untuk mengetahui kondisi pada saat mengajar di kelas, iklim mengajar, karakter siswa dan media pembelajaran yang digunakan. Kegiatan PPL dilakukan tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Sebelum mengajar praktikan membuat administrasi guru berupa RPP, silabus dan lain-lain. Mata diklat yang diampu praktikan adalah Perakitan dan Perawatan Komputer (PPKOM) serta membantu mata diklat yang lain seperti desain multimedia dan multimedia dasar untuk kelas X. Pada akhir rangkaian PPL, praktikan melakukan penilaian terhadap siswanya. Hasil penilaian yang didapatkan sudah memnuhi KKM sehingga ini membuktikan bahwa praktikan sudah menyampaikan materi secara baik meskipun belum sepenuhnya sempurna karena masih kurangnya pengalaman dalam mengajar.Setelah masa PPL berakhir, diharapkan pihak siswa akan terus berusaha berkarya untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang, menemukan cara belajar yang efektif, dan berorganisasi dengan dibimbing oleh guru pembimbing yang bersangkutan. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta, supaya kegiatan PPL dimasa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Perakitan dan Perawatan Komputer, Penilaian, SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 May 2016 03:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32797

Actions (login required)

View Item View Item