DELIBERATIVE PUBLIC POLICY DALAM KONSULTASI PUBLIK RENCANA PEMBANGUNAN BANDARA INTERNASIONAL DI KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO

PURWANINGRUM, DIAN (2016) DELIBERATIVE PUBLIC POLICY DALAM KONSULTASI PUBLIK RENCANA PEMBANGUNAN BANDARA INTERNASIONAL DI KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12417141008.swf - Published Version

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hambatan deliberative public policy dalam Konsultasi Publik rencana pembangunan bandara internasional di Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian yaitu Kepala Bappeda DIY, Kasubag Pengendalian Pertanahan Biro Tapem Setda DIY, Kasubag Tapem Setdakab Kulon Progo, Camat Temon, Kades Glagah, Kades Jangkaran, Legal and General Affair Department Head PT Angkasa Pura I, dan masyarakat Desa Glagah, Desa Palihan, Desa Jangkaran, Desa Kebonrejo, Desa Sindutan. Instrumen utama penelitian adalah peneliti yang dibantu dengan pedoman wawancara sebagai instrumen tambahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yakni teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Proses deliberative public policy dalam Konsultasi Publik rencana pembangunan (KPrp) bandara internasional di Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo diawali dengan adanya dialog otentik melalui dialog publik dan dialog personal yang menghasilkan keputusan berupa terbitnya IPL Gubernur DIY Nomor 68/KEP/2015 sehingga pembangunan bandara tetap dilanjutkan dan menuju pada tahap berikutnya, (2) Pelaksanaan KPrp merupakan kebijakan yang deliberatif namun belum berjalan dengan maksimal karena terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, yakni adanya sebagian kecil masyarakat yang masih menolak rencana pembangunan bandara internasional dan bersikap tertutup, kurang menghargai, serta mementingkan kepentingan pribadi, (3) Deliberative public policy dalam KPrp bandara internasional di Kecamatan Temon merupakan cermin kesepakatan masyarakat yang belum selesai. Kata Kunci: Deliberative Public Policy, Konsultasi Publik rencana pembangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 18 May 2016 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32788

Actions (login required)

View Item View Item