PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM PASCATAMBANG PASIR BESI OLEH PT ANEKA TAMBANG TBK DI KECAMATAN GRABAG, KABUPATEN PURWOREJO

MARYATI, DEPI (2016) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM PASCATAMBANG PASIR BESI OLEH PT ANEKA TAMBANG TBK DI KECAMATAN GRABAG, KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12417144034.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat dalam program pascatambang pasir besi yang dilakukan oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman wawancara dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, analisis data, penafsiran data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yang memanfaatkan penggunaan sumber. Hasil penelitian menunjukkan pemberdayaan masyarakat dalam program pascatambang pasir besi oleh PT Aneka Tambang Tbk di Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo periode kedua merupakan bentuk pertanggungjawaban Antam untuk melanjutkan program yang sempat berhenti sebelumnya. Di pemberdayaan masyarakat kali ini, sesuai kesepakatan Antam dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo, Antam berkewajiban melakukan fasilitasi dan pendampingan untuk pembentukan koperasi sebagai wadah pemberdayaan masyarakat di 4 desa sasaran yakni Desa Patutrejo, Harjobinangun, Ketawangrejo, dan Munggangsari. Periode kedua dimulai tahun 2013 dengan merekrut satu orang tenaga lapangan. Secara resmi, koperasi didirikan pada Februari 2015 dengan nama Koperasi Serba Usaha Catur Bina Mandiri melalui tahapan program yang melibatkan masyarakat sasaran secara langsung di setiap tahapannya dan stakeholder lain. Dalam program tersebut juga ditemui adanya hambatan-hambatan baik yang berasal dari sumber daya manusia maupun secara teknis. Kata kunci: pemberdayaan, masyarakat, pascatambang, pasir besi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 18 May 2016 01:38
Last Modified: 30 Jan 2019 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32786

Actions (login required)

View Item View Item