Rusydiana Fajriyah, Rusydiana Fajriyah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. R.W. Monginsidi No. 2 Yogyakarta 55233, Telepon (0274) 513503. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Pend.Tek Sipil Perencanaan_12505244016_RUSYDIANA FAJRIYAH.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran terus dilakukan, termasuk dalam hal ini adalah program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta, sekaligus sebagai program kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri dan menerapkan kemampuannya sebelum masuk ke dunia kependidikan yang sebenarnya. Dengan demikian praktik pengalaman tersebut diharapkan dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa sehingga dapat memberikan sumbangan dalam hal pendidikan terutama pada lembaga pendidikan di mana ia ditempatkan. Sebelum pelaksanaan kegiatan PPL, mahasiswa diwajibkan untuk melalui prosedur yang telah ditentukan, yaitu: lulus mata kuliah pengajaran mikro (micro teaching), observasi (lapangan, kelas, dan lingkungan), serta pembekalan PPL yang diadakan oleh LPPMP UNY. Tahap akhir dari kegiatan PPL adalah penyusunan Laporan Kegiatan PPL. Lokasi PPL Universitas Negeri Yogyakarta adalah sekolah atau lembaga pendidikan yang ada di wilayah Propinsi DIY dan Jawa Tengah. Pada program PPL UNY 2015, penulis mendapatkan lokasi pelaksanaan program PPL di SMK Negeri 3 Yogyakarta, yang beralamat di Jalan R.W. Monginsidi No.2 Yogyakarta. Dengan mengampu mata pelajaran Gambar Interior Eksterior di 3 (tiga) kelas, yaitu Xi GB 1, XI GB 2, dan XI GB 3. Dalam kurun waktu kurang lebih selama 1 bulan dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Secara keseluruhan, peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran yang diajarkan oleh mahasiswa PPL. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, praktikan telah melaksanakan pembuatan rencana pembelajaran berupa RPP, Jobsheet, dan Administrasi Pendidik. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini mahasiswa PPL dapat menerapkan langsung ilmu yang sudah diperoleh dibangku perkuliahan sehingga menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai calon pendidik. Berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL, guru pembimbing, dosen pembimbing lapangan, siswa dan seluruh komponen yang ada di SMK Negeri 3 Yogyakarta, maka seluruh kegiatan PPL dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk pelaksanaan PPL periode yang akan datang ada baiknya jika antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gambar Interior Eksterior, PPL UNY 2015, SMK Negeri 3 Yogyakarta |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 17 May 2016 08:16 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |