LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. R.W. Monginsidi Km. 2 Telp. (0274) 513503 Yogyakarta 55233

ANGGINI WINANDRA, ANGGINI WINANDRA (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. R.W. Monginsidi Km. 2 Telp. (0274) 513503 Yogyakarta 55233. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
Pend.Tek Sipil Perencanaan_12505244006_ANGGINI WINANDRA.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang sebagian program studinya adalah kependidikan. Untuk itu UNY sebagai sebuah universitas berbasis pendidikan menyelenggarakan mata kuliah wajib yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu praktik secara langsung baik mengajar atau berada pada lingkungan Sekolah ataupun lembaga pendidikan. Kegiatan PPL wajib dilaksanakan karena pentingnya tujuan dari kegiatan tersebut. PPL yang dilakukan oleh mahasiswa ada dua yaitu PPL menjadi guru di skeolah atau PPL yang ada dilingkungan lembaga / dinas pendidikan. PPL yang dilakukan diskeolah dimaksudkan utuk mengasah kemampuan, mengembangkan potensi, serta memantapka para mahasiswa yang nantinya akan menjadi calon pendidik. Selain itu pentingnya PPL adalah mahasiswa juga harus bisa mengembangkan dan meningkatkan kapasitas diri setelah melaksanakan PPL. Praktik mengajar langsung yang mahasiswa laksanakan akan membuat mahasiswa mengerti dengan baik bagaimana menjadi seorang pendidik, bahwa dalam mengajar sebelum mengajar harus memiliki persiapan, smapai bagaimana mengelola waktu dalam mengajar agar tidak terbuang sia-sia atau habis tiada tujuan. Sebelum melaksanakan PPL ada serangkaian kegiatan pra PPL yang dilaksanakan dari mulai pembekalan, micro teaching, dan penyerahan mahasiswa ke Sekolah untuk observasi agar siap PPL. PPL dilaksanakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. PPL dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015. Mengampu amata pelajaran Konstruksi Bangunan (KB) dengan alokasi waktu setiap pertemuan adalam 7 jam pelajaran atau 315menit. Pelaksanaan mengajar dimulai dari persiapan, dimana persiapan yang dilakukan adalah penyusunan atau pemahaman silabus, penyusunan Rencana Rencana Pembelajaran (RPP), pembuatan sistem penilaian, konsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing, pembuatan media, dan persiapan materi. Setelah itu adalah praktik mengajar di kelas, dimana kita megajar berpedoman pada RPP yang sudah disusun. Kegiatan motivasi dan pengelolaan adalah hal yang harus dikuasai agar kelas tetap kondusif dan siswa tidak bosan menerima pembelajaran. Pembelajaran dilakukan di kelas X GB 1,2,3 dan X KK pada hari Senin, Selasa, Rabu, dan Sabtu, dimana setiap harinya dilaksanakan apda pukul 09.15 – 15.15 WIB (jam ke 4 sampi dengan 10). Mahasiswa dituntut wajib mengajar minimal 4 kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah pengalaman secara nyata baik dalam pengalaman mengajar serta pengalaman menyusun administrasi pendidik. Selama mengajar siswa menerima pembelajaran dengan baik, dan emreka juga senang karena ada suasana baru, apalagi jika pembelajarannya menggunakan media seperti presentasi powerpoint yang memberikan semangat tersendiri. Secara keseluruhan program PPL terlaksana dengan baik, meski tak lepas dari kekurangan. Harapannya adalah dengan adanya PPL mahasiswa dapat meningkatkan kompetisi mahasiswa untuk menjAdi calon tenaga pendiidk.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, KB, RPP, UNY, calon tenaga pendidikn
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 17 May 2016 08:14
Last Modified: 17 May 2016 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32757

Actions (login required)

View Item View Item