EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MAN YOGYAKARTA

Afifah, Ilma Rizki Nur and Listyani, Endang (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1. Pendahuluan.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2. Kajian Pustaka.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3. Metode Penelitian.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode pembelajaran penemuan terbimbing ditinjau dari prestasi belajar dan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X MAN Yogyakarta 2. Sampel yang diberikan perlakuan adalah kelas X MIPA 1 yang mendapatkan perlakuan pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan pendekatan saintifik sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 yang mendapatkan perlakuan pembelajaran metode ekspositori dengan pendekatan saintifik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan prestasi belajar siswa yang terdiri dari soal pretest dan posttest dan instrumen nontes yang berupa lembar observasi untuk mendeskripsikan keaktifan siswa dan mengamati keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan peneliti. Hasil penelitian ditinjau dari prestasi belajar siswa MAN Yogyakarta 2 menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika melalui metode penemuan terbimbing efektif, 2) pembelajaran matematika melalui metode ekspositori efektif, 3) pembelajaran metematika melalui metode penemuan terbimbing lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran metematika melalui metode ekspositori. Adapun jika ditinjau dari keaktifan siswa MAN Yogyakarta 2 menunjukkan bahwa: 4) pembelajaran matematika melalui metode penemuan terbimbing efektif, 5) pembelajaran matematika melalui metode ekspositori tidak efektif, 6) pembelajaran metematika melalui metode penemuan terbimbing lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran metematika melalui metode ekspositori. Kata kunci: keaktifan, pembelajaran metode ekspositori, pembelajaran metode penemuan terbimbing, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 17 May 2016 08:15
Last Modified: 17 May 2016 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32721

Actions (login required)

View Item View Item