LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jalan. W. Monginsidi 2A Yogyakarta

Abdul Malik Karim Amrulloh, Abdul Malik Karim Amrulloh (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jalan. W. Monginsidi 2A Yogyakarta. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
Pend Jas Kes dan Rekreasi_12601244003_ABDUL MALIK KARIM A.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 52 mahasiswa, 2 Program Studi Bimbingan Konseling, 6 Program Program Studi Pend. Teknik Elektro-S1, 5 Program Pend. Teknik Elektronika- S1, 8 Program Pend. Teknik Mesin – S1,4 Program Pend. Teknik Otomotif - S1, 2 Program Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 Program Pend. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2 Program Pend. Kewarganegaraan, 2 Program Pend. Kimia, 2 Program Pend. Matematika Kelas Internasional, 6 Program Pend. Mekatronika – S1, 2 Program Pend. Teknik Otomotif - S1. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus – 12 September, sebanyak 56 pertemuan di kelas X, XI, dan XII. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Permainan Basket, Lompat Jauh, Permainan Voli, Senam Ketangkasan dan Sepak Bola. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, Tanya jawab, diskusi dan penyelesaian masalah. Media yang digunakan adalah Lapangan, bola basket, bola voli, Sepak Bola, Lapangan Lompat Jauh dan Aula atau Hall Senam, dan alat olahraga penunjang lainya. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah belum bisa beradaptasi dengan kurikulum yang baru yaitu kurikulum 2013. Pada mata pelajaran PJOK ( Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ) ini, 3 jam pelajaran digunakan untuk praktek. Dan mata pelajaran PJOK bisa berakhir sampai jam 11.45 dan itu membuat siswa kepanasan. Untuk mengatasi hambatan tersebut, jam pelajaran PJOK di jam kedua, jam 09.45 -11.45 dilaksanakan di tempat yang teduh atau bisa mengurangi jam jika siswa sudah mulai terihat lelah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, PJOK, SMK N 3 Yogyakarta.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 16 May 2016 02:25
Last Modified: 16 May 2016 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32675

Actions (login required)

View Item View Item