LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Reza Nur Dwiriastuti, Reza Nur Dwiriastuti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend Bahasa dan Sastra Indonesia_12201241005_REZA NUR DWI RIASTUTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta dalam menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi dalam bidang kependidikan yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikian. Pada kegiatan PPL mahasiswa dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga serta ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan sekolah. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan R.W. Monginsidi 2A, Yogyakarta merupakan lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan PPL mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta 10 Agustus 2015 sampai dengan 17 Oktober 2014. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa sehingga mempunyai kesiapan untuk menjadi seorang pendidik yang berkualitas. Dalam pelaksanaanya mahasiswa mahasiswa PPL melaksanakan pembelajaran terbimbing dan pembelajaran mandiri pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 8 kelas yaitu XI AV 2, XI TL 2, XI KR 4, XI TL 4, X GB 2, XI AV 1, XI GB 3, dan XI KK dengan jumlah pertemuan kelas XI AV 2 sebanyak 2 kali pertemuan, XI KR 4 sebanyak 8 kali pertemuan, XI TL 2 sebanyak 4 kali pertemuan, XI TL 4 sebanyak 10 kali pertemuan, X GB 2 sebanyak 6 kali pertemuan, X AV 1 sebanyak 4 kali pertemuan, XI GB 3 sebanyak 6 kali pertemuan, XI KK sebanyak 8 kali pertemuan. Sehingga total pertemuan sebanyak 48 pertemuan. Secara keseluruhan, peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran yang diajarkan oleh mahasiswa PPL. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, praktikan telah melaksanakan pembuatan rencana pembelajaran sebanyak 8 RPP. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini mahasiswa PPL dapat menerapkan langsung ilmu yang sudah diperoleh dibangku perkuliahan sehingga mennumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai calon pendidik. Untuk pelaksanaan PPL periode yang akan datang ada baiknya jika antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, SMK Negeri 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 May 2016 02:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32672

Actions (login required)

View Item View Item