Manajemen Guru SD Berlatar Belakang Pendidikan Nonkeguruan di Kecamatan Klaten Tengah

Yanto, Adi (2012) Manajemen Guru SD Berlatar Belakang Pendidikan Nonkeguruan di Kecamatan Klaten Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-adi-yanto-09703254007.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang munculnya guru-guru berlatar belakang pendidikan nonkeguruan dan upaya sekolah dalam mengelola guru yang berlatar belakang pendidikan nonkeguruan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik yang dilakukan di tiga sekolah yang berada di Kecamatan Klaten Tengah. Narasumber terdiri dari kepala sekolah, guru berlatar belakang pendidikan nonkeguruan, dan rekan kerja. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara sebagai metode utama dan observasi sebagai metode pendukung. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian mengungkap bahwa: (1) ada 3 faktor yang mempengaruhi individu yang berlatar belakang pendidikan nonkeguruan memutuskan untuk menjadi guru; (2) dukungan untuk menjadi guru dan melanjutkan profesi sebagai guru berasal dari keluarga, kepala sekolah, dan rekan kerja; (3) kesulitan yang dihadapi guru nonkeguruan berkenaan dengan anak didik, waktu, dan administrasi; (4) ada keunggulan yang ditunjukkan oleh guru nonkeguruan antara lain: semangat belajar, rendah hati, dan mencintai dunia pengajaran; (5) terdapat upaya pengembangan diri yang dilakukan oleh sekolah maupun guru bersangkutan; dan (6) keputusan kepala sekolah untuk menerima guru berlatar belakang pendidikan nonkeguruan diambil dengan pertimbangan tertentu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guru nonkeguruan, pengembangan diri, motivasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 May 2016 08:08
Last Modified: 29 Jan 2019 08:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32667

Actions (login required)

View Item View Item