LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) KELOMPOK A042 TAHUN 2015 SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 JL. TUKANGAN NO.6 TEGAL PANGGUNG, DANUREJAN, YOGYAKARTA 10 Agustus – 12 September 2015

Erlin Suryo Indah, Erlin Suryo Indah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) KELOMPOK A042 TAHUN 2015 SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 JL. TUKANGAN NO.6 TEGAL PANGGUNG, DANUREJAN, YOGYAKARTA 10 Agustus – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN-AKHIR-PPL_ERLIN-SURYO-INDAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa PGSD yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan mengajarnya sebagai calon pendidik. PPL di laksanakan di sebuah instansi atau sekolah. Pada kesempatan ini, praktikan melakukan PPL di SD N Lempuyangan 1. Sebelum melakukan PPL, ada beberapa persiapan yang dilakukan oleh mahasiswa, yaitu microteaching, observasi, pembekalan dan penerjunan. Semua bekal yang telah didapat sebelumnya menjadi pertimbangan dalam merumuskan program PPL. Adapun program PPL yang dilakukan praktikan yaitu berkaitan dengan pembelajaran dan juga kegiatan-kegiatan lain yang diadakan oleh sekolah. Selama pelaksanaan PPL di SD N Lempuyangan mulai dari tanggan 10 Agustus sampai 12 September 2015, praktikan telah melakukan 6 kali praktik mengajar terbimbing, yaitu di kelas IVA, IIIB, IIC, VC, IIA dan VB. Sebelum melakukan praktik mahasiswa praktikan meminta bahan/materi, menyusun perangkat pembelajaran dan mengkonsultasikannya pada guru kelas. Masukan dari guru kelas menjadi koreksi agar pada saat praktik mahasiswa dapat mengajar dengan maksimal. Pada saat pelaksanaan praktik mengajar terbimbing, mahasiswa juga mengalami hambatan, terutama dalam pengelolaan kelas. Akan tetapi setiap hambatan itu dapat diatasi oleh mahasiswa melalui koordinasi dengan guru, teman, maupun koordinator PPL serta DPL. Pelaksanaan PPL selama satu bulan ini telah memberikan banyak pelajaran baru bagi mahasiswa PPL, terutama dalam pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Mahasiswa juga mengenal lingkungan sekolah yang sebenarnya. Semoga di kemudian hari pelaksanaan PPL dapat berjalan lebih maksimal dan ada koordinasi yang lebih baik dari mahasiswa, kampus, DPL, dan sekolah

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, praktik, SD Negeri Lempuyangan 1.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 May 2016 06:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32662

Actions (login required)

View Item View Item